Melalui Acara Learn X, Deputi Infrastruktur Bekraf Sosialisasikan Juknis Banper 2019 di Kutai Kartanegara
Saturday, 08 December 2018

Tenggarong, (8/12/18) – Sosialisasi Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah (Banper) kini hadir di Tenggarong, Ibu Kota Kabupaten Kutai Kartanegara. Bertempat di Grand Fatma Hotel, acara ini bekerja sama dengan NET TV dengan berkonsepkan Learn X (Learning by Experts) atau ‘belajar dari pakar’. Acara yang dihadiri lebih dari 100 orang ini dibuka oleh Selliane Halia Ishak selaku Direktur Fasilitasi Infrastruktur Fisik. Sosialisasi Juknis Banper kali ini diramaikan dengan para pakar disubsektor Seni Pertunjukan yang juga penerima Banper Bekraf 2017, yaitu Martinus Miroto dari Studio Banjarmili dan Keni Kurniasari dari Sasikirana KoreoLab & Dance Camp.

Para pakar dibidang Seni Pertunjukan khususnya Seni Tari ini, banyak menceritakan mengenai pengalamannya dalam membentuk komunitas. Dari mulai awal mula komunitasnya terbentuk, apa saja kegiatan-kegiatan yang telah berjalan hingga apa saja yang sudah capai hingga sekarang ini. Selain itu, mereka pun berbagi tips bagaimana cara mengajukan proposal yang baik dan benar agar mendapatkan Banper Bekraf.

“Banper merupakan program yang sifatnya bottom up, sehingga apa yang diberikan oleh Pemerintah Pusat adalah apa yang memang kami butuhkan. Tidak seperti bantuan yang sifatnya top down, seringkali bantuan diberikan tidak berdasarkan kebutuhan dari para komunitas itu sendiri.” Tutur Keni.

Banper merupakan pemberian bantuan dalam bentuk barang dan bersifat stimulan, bukan bersifat hibah maupun bantuan sosial. Sejak 2017, Banper telah merevitalisasi sebanyak 35 ruang kreatif, >10.000 sarana dan >1.500 barang TIK  sudah diberikan kepada penerima Banper.

“Setelah mendapatkan bantuan dari Bekraf, Banjarmili menjadi mewah sekali, karena kini studio Banjarmili memiliki tempat yang nyaman untuk menonton dan dapat dimanfaatkan oleh banyak orang, serta menyumbangkan kesejaterahan meskipun sekecil apapun.” Ujar Miroto

Masih seperti tahun sebelumnya, jenis bantuan yang diberikan antara lain: Revitalisasi Infrastruktur Fisik Ruang Kreatif, Sarana Ruang Kreatif, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penerimaan proposal Banper 2019 telah dibuka pada 1 Desember 2018 kemarin dan akan ditutup pada 28 Februari 2019 pukul 23:59 melalui situs banper.bekraf.go.id.

Petunjuk Teknis pengajuan Banper 2019 juga sudah bisa diakses melalui tautan ini.

sumber : http://www.bekraf.go.id/berita/page/8/melalui-acara-learn-x-deputi-infrastruktur-bekraf-sosialisasikan-juknis-banper-2019-di-kutai-kartanegara

Kantor:
Gedung Kementrian BUMN, Lt 15, 17, 18
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 13,
Jakarta Pusat - 10110

Kontak
Email : info@kotakreatif.id